Saturday 3 May 2014

Tsunami, Bencana Alam yang Dahsyat

Tsunami berasal dari bahasa Jepang 'tsu' yang berarti pelabuhan dan 'nami' yang berarti gelombang. Tsunami adalah serangkaian gelombang yang terbentuk karena gempa atau letusan gunung berapi di bawah laut atau di daratan dekat pantai. Gelombangnya yang besar menyebabkan kerusakan saat menghantam pantai.


Tsunami tercipta saat permukaan air laut bergerak naik turun di sepanajng patahan selama gempa terjadi. Patahan itu menebabkan keseimbanagn air menjadi terganggu. Makin besar daerah patahan yang terjadi, makin besar pula tenaga gelombang yang dihasilkan. Selain itu, tsunami juga tercipta karena meletusnya gunung berapi yang menyebabkan pergerakan air di laut atau perairan di sekitarnya sangat tinggi.

Gelombang tsunami yang terjadi di laut melaju lebih cepat daripada gelombang normal.. Gelombang tersebut menyebar ke segala arah dengan ketinggian 30-50 meter dan kecepatan sekitar 800 km/jam. Ketika gelombangtsunami memasuki air dangkal, kecepatamnya akan menurun dan ketinggiannya akan bertambah. ketinggian gelombang itu juga bergantung pada bentuk pantai dan kedalamannya. Gempa bumi yang yerjadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami dan sangat berbahaya bagi manusia.

Kita tidak perlu khawatir karena tidak semua gempa dan letusan gunung berapi menyebabkan tsunami dan tidak semua tsunami menimbulkan gelombang besar. Tsunamo selalu menyebabkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan yang paling besar terjadi ketika gelombang tsunami mengenai permukiman manusia sehingga menyeret apapun yang dilaluinya.

Sumber : Buku B.Ind kls 7 2013

No comments: