Thursday 19 December 2013

Kewajiban Menuntut Ilmu

Umat muslim diwajibkan untuk menuntut ilmu. Hal ini tertulis dalam surah Ar-Rahman/55 : 33

55:33

Terjemahan ayat :
"Wahai golongan jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah ! Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah SWT)".

Ayat ini menjelaskan pentingnya ilmu pengetahuan bagi
kehidupan manusia. Dengan ilmu pengetahuan, manusia dapat mengetahui benda-benda langit. Dengan ilmu pengetahuan, manusia dapat menjelajahi angkasa raya. Dengan ilmu pengetahuan, manusia mampu menembus sekat-sekat yang selama ini belum terkuak.

Manusia diberi potensi oleh Allah SWT berupa akal. Akal ini harus terus diasah, diberdayakan dengan cara belajar dan berkarya. Dengan belajar, manusia bisa mendapatkan ilmu dan wawasan yang baru. Dengan ilmu, manusia dapat berkarya untuk kehidupan yang lebih baik.

Nabi Muhammad SAW bersabda :
“Dari Anas ibn Malik r.a. ia berkata, Rasulullah saw. bersabda: “Menuntut ilmu itu adalah kewajiban bagi setiap orang Islam”. (H.R. Ibn Majah)
Tentang pentingnya menuntut ilmu, Imam Syafi‘i dalam kitab Diwan juga menegaskan:


“Barang siapa yang menghendaki dunia, maka harus dengan ilmu. Barang siapa yang menghendaki akhirat maka harus dengan ilmu.”
Nasihat Imam Syafi‘i tersebut mengisyaratkan bahwa kemudahan dan kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat dapat dicapai oleh manusia melalui ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tidak akan mudah diperoleh, kecuali dengan beberapa cara dan strategi yang harus dilalui.

Syarat menuntut ilmu menurut Imam Syafi'i adalah :
1. Kecerdasan
2. Kesungguhan
3. Kesabaran
4. Biaya
5. Petunjuk guru
6. Waktu yang lama

Sikap dan perilaku terpuji yang dapat diterapkan sebagai pengamalan surah Ar-Rahman/55 : 33 adalah sebagai berikut :
1.Senang membaca buku pengetahuan sebagai bukti cinta ilmu pengetahuan.
2. Selalu ingin mencari tahu tentang alam semesta, dengan terus menelaahnya.
3. Meyakini bahwa alam semesta ini diciptakan Allah SWT untuk manusia. Oleh karena itu, manusia harus merasa haus untuk terus menggali ilmu pengetahuan.
4. Rendah hati atas kesuksesan yang diraihnya dan tidak rendah diri terhadap kegagalan yang dialaminya.

No comments: