Thursday 19 December 2013

Apa Kandungan Surah Al-Mujadalah/58 : 11 ?

 Bunyi Surah Al-Mujadalah/58 : 11

 58:11

Terjemahan arti :
"Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu, berilah kelapangan di dalam majelis-majelis, maka lapangkanlah. Niscaya Allah SWT akan memberi kelapangan untukmu. Apabila dikatakan, berdirilah kamu, maka berdirilah. Niscaya Allah SWT akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah SWT Maha Teliti atas apa yang kamu kerjakan."

Surah Al-Mujadalah/58 ayat 11 menjelaskan tentang keutamaan orang-orang beriman dan berilmu pengetahuan. Kalau surah Ar-Rahman/55 : 33 menjelaskan pentingnya ilmu pengetahuan, maka ayat ini menegaskan bahwa orang yang beriman dan berilmu pengetahuan akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.


Mengapa orang yang beriman dan berilmu pengetahuan akan diangkat derajatnya ? Sudah tentu, orang yang beriman dan memiliki ilmu pengetahuan luas akan dihormati oleh orang lain, diberi kepercayaan untuk mengendalikan atau mengelola apa saja yang terjadi dalam kehidupan ini. Ini artinya tingkatan orang yang beriman dan berilmu lebih tinggi dibanding orang yang tidak berilmu.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa orang yang beriman, tetapi tidak berilmu, dia akan lemah. Oleh karena itu, keimanan seseorang yang tidak didasari atas ilmu pengetahuan tidak akan kuat. Begitu juga sebaliknya, orang yang berilmu, tapi tidak beriman, ia akan tersesat. Karena ilmu yang dimiliki bisa jadi tidak untuk kebaikan sesama.

Sikap dan perilaku yang dapat diterapkan sebagai pengamalan dari surah Al-Mujadalah/58 : 11 adalah :
1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan berusaha untuk mendapatkan pengetahuan tersebut.
2. Bersikap sopan saat belajar dan selalu menghargai dan menghormati guru.
3. Senang mendatangi guru untuk meminta penjelasan tentang ilmu pengetahuan.
4. Selalu menyeimbangkan ilmu pengetahuan yg dimilikinya dg keyakinan terhadap kekuasaan Allah SWT.

Etika dalam mencari ilmu antara lain :
1. Mencintai ilmu yang sedang dipelajari.
2. Menghormati orang yang memberikan ilmu (guru).
3. Tidak memotong pembicaraan saat guru sedang menjelaskan.
4. Mendengarkan penjelasan guru dengan serius.

No comments: